Senin, 26 Oktober 2020

Serunya Jalan-jalan Virtual ke Kota Verona

Serunya jalan-jalan virtual ke Kota Verona



Siapa yang tidak mengetahui kisah Romeo and Juliet? Gua pikir paling tidak semua orang pernah mendengar nama Romeo dan Juliet walau pun tidak mengetahui jalan cerita sesungguhnya dari karya yang ditulis oleh William Shakespeare tersebut.


Kisah cinta antara Romeo dan Juliet sendiri telah banyak disadur menjadi berbagai macam versi, salah satunya yang terkenal tentu saja film berjudul Romeo + Juliet yang diperankan oleh Leonardo Dicaprio dan Claire Danes di tahun 1996. Berbicara tentang Romeo dan Juliet sudah pasti tidak bisa dipisahkan dengan kota Verona; sebuah kota di utara Italia; yang menjadi tujuan wisata, terutama bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana dalam kisah Romeo dan Juliet.


Alhamdulillahnya nih, gua dapat rejeki dari Komunitas ISB dan Wisata Kreatif Jakarta untuk bisa jalan-jalan secara virtual ke Verona. Hal ini membuat gua senang banget, secara Italia (khususnya Venesia dan Verona) merupakan destinasi wisata impian gua dan istri. Walau belum kesampaian untuk bisa ke sana secara langsung tapi bisa jalan-jalan secara virtual saja sudah senang banget, hitung-hitung sebagai persiapan jadi kalo punya rejeki dan bisa berkunjung langsung sudah tahu tempat mana saja yang wajib dikunjungi.



Ke mana saja di Verona?


Dipandu oleh mbak Ira Latief dari Wisata Kreatif Jakarta, kami berkunjung ke beberapa tempat yang mengagumkan. Ada beberapa tempat yang menurut gua memang wajib dikunjungi, yaitu :


  • Arena Verona

Arena Verona atau Arena di Verona adalah sebuah amfiteater kuno di Piazza Bra yang merupakan amfiteater terbesar ketiga (yang masih bertahan sampai sekarang) setelah Colosseum di Roma dan Arena Capua. Arena ini awalnya digunakan untuk aksi gladiator tetapi sekarang digunakan untuk berbagai macam acara, salah satunya Festival Arena di Verona yang terkenal dengan aksi operanya.





  • Patung dan Rumah Juliet ( Casa di Guiletta )

Rumah Juliet merupakan sebuah situs yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Verona. Bangunan tua yang saat ini berfungsi sebagai museum pada awalnya adalah rumah milik keluarga Dal Capello atau biasa juga dikenal dengan nama Cappelletti. Dikarenakan terdapat kemiripan nama dengan keluarga Capulets, sehingga dipercayalah bangunan itu sebagai rumah Juliet. Ketika berkunjung ke lokasi ini, kita akan mendapati banyak wisatawan yang memadati courtyardnya untuk berfoto di atas balkon atau sekedar mengusap dada kanan patung perunggu Juliet. Mitosnya, jika kita menggosok dada kanan patung tersebut maka keberuntungan dalam hal percintaan akan mendatangi kita.





  • Rumah Romeo

Rumah Romeo terletak tidak begitu jauh dari Rumah Juliet. Bangunan berbentuk kastil dengan menara dan tembok pertahanan yang tinggi ini masih ditempati oleh pemiliknya sehingga wisatawan hanya bisa melihat bagian luarnya saja. 


  • Makam Juliet

Satu lagi situs yang wajib kita datangi ketika berkunjung ke kota Verona adalah makam Juliet yang berada di dalam sebuah gereja ( San Francesco al Corso ). Makam ini berbentuk sebuah sarkofagus marmer berwarna merah. Selain mengunjungi makam Juliet, kita juga bisa singgah ke Antonian Fresco Museum yang terletak di lokasi yang sama.


Dibalik polemik tentang fiktif atau nyatanya kisah Romeo dan Juliet ini, Kota Verona akan selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana.


Wisata virtual kali ini memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik buat gua pribadi, nah supaya acara jalan-jalan virtualnya berjalan mulus gua kasih sedikit tips deh.


Tips agar jalan-jalan virtual berlangsung mulus

  • Pastikan koneksi internet kamu lancar.

  • Siapkan camilan dan minuman untuk menemani selama kamu berjalan-jalan secara virtual.

  • Pastikan daya perangkat yang digunakan untuk mengakses jalan-jalan virtual terisi penuh.

  • Siap-siap buat berfoto secara virtual di spot-spot bersejarah.


Selamat mencoba jalan-jalan virtual!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDN Pictures dan gairah industri film Indonesia

IDN Pictures dan gairah industri film Indonesia Siapa yang suka nonton di bioskop? Gua adalah salah satu orang yang sangat menyukai nonton f...