Minggu, 19 Juli 2020

Pengalaman syuting bareng Unicef dan Ayah ASI


Gimana serunya kalau gua syuting video kampanye ASI bareng UNICEF dan Ayah ASI? Hal itu yang pertama kali terbesit di pikiran gua saat menerima pesan whatsapp dari seseorang bernama Pipit.


"Selamat Pagi Mas Oskar.

Perkenalkan saya Pipit, dapat kontak mas Oskar dari mas Mamat Ayah ASI. Begini mas, kami ada permintaan untuk mengajak mas Oskar berpartisipasi sebagai talent dalam pembuatan video testimoni mengenai kegiatan mendukung istri untuk menyusui anak dengan judul ASI tak tergantikan, jangan sia-siakan. Kegiatan ini berkaitan dengan kampanye bersama UNICEF. Kira-kira apakah mas Oskar berkenan jika saya telepon untuk menjelaskan lebih detailnya?" begitu bunyi pesan whatsapp yang langsung gua balas dengan jawaban, "Boleh mbak."


Ya iyalah gua pasti bakal jawab bersedia! Gila aja loe Ndro, kesempatan buat kerjasama dengan sebuah organisasi internasional ada di depan mata masa mau disia-siakan sih. Singkat cerita, ditelponlah gua dengan mbak Pipit ini yang menjelaskan bagaimana kampanyenya akan dibuat dan detil lainnya, kemudian akan diadakan reading skrip pada jum'at malam di lokasi syuting.


Jum'at, 17 Juli 2020 jam 7 malam kami berkumpul di lokasi syuting. Rombongan Ayah ASI yang akan syuting terdiri dari tujuh orang yaitu gua, om Sogi Indra Dhuaja, Kang Syafiq Pontoh, Kiki, Boim, Oji, dan Geraldo dari Bapak Rangkul. Di sana kita langsung bertemu dengan teman-teman dari production house yang akan menggarap videonya.


Reading skrip serta briefing berjalan dengan lancar hingga jam 9 malam. Ya namanya juga Ayah ASI ya, pasti aja becandaan dan ngocol ketika proses reading skrip apalagi kita sudah lama gak ketemuan. Ada aja yang dijadiikan bahan obrolan, mulai dari yang serius seperti obrolan seputar dunia pernenenan dan sex education buat anak sampai obrolan receh tentang game dan printilannya.


Minggu jam 6 pagi gua sudah berada di lokasi syuting di daerah Cipete. Sebelum melakukan pengambilan gambar, gua diminta buat make up terlebih dahulu. Seumur-umur baru dua kali gua pakai make up, pertama pas nikahan, yang kedua sekarang ini. Untung make up-nya cuma tipis aja, kalo tebal-tebal disangka ngelenong nanti gua ha ha ha.


Make up-an dulu sebelum syuting

Proses pengambilan gambar dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Lokasi syuting disemprot dulu menggunakan cairan desinfektan, crew yang berada di ruangan pun hanya beberapa orang saja dan tetap menjaga jarak. 


Di video kampanye ini kami akan diberikan beberapa pertanyaan yang perlu kami jawab berkaitan dengan pengalaman ketika memberikan dukungan kepada istri yang menyusui. Apa saja suka dukanya, bagaimana cara memberikan dukungan, dan lain-lain.




Sebetulnya gua sempat bertanya-tanya kenapa sih Unicef mau menggandeng Ayah ASI untuk kampanye ini? Sesuai judul kampanyenya yaitu “ASI tak tergantikan, jangan sia-siakan”, Unicef ingin menekankan pentingnya pemberian ASI Eksklusif dan bagaimana dukungan dari suami, orang tua, tenaga kesehatan, serta orang-orang di sekitar si ibu dapat memiliki peranan vital terhadap keberhasilan proses menyusui. Jadi selain Ayah ASI, Unicef juga menggandeng talent seorang kakek dan tenaga kesehatan yang mendukung ibu menyusui.


Nah balik lagi ke proses syuting video kampanyenya, walaupun sudah sering bikin video vlog tutorial di youtube ternyata gua tetap aja grogi ketika harus berhadapan dengan kamera dan crew ha ha ha. Untungnya gak terlalu banyak kesalahan yang gua buat sehingga tidak perlu di-take berkali-kali.


Sungguh membuat video kampanye itu membutuhkan effort yang sangat berat. Ini jadi pengalaman yang berharga buat gua sekaligus membanggakan karena bisa bekerjasama dengan sebuah organisasi internasional. Gimana hasil video kampanyenya? Tungguin aja di media sosialnya Unicef dan Ayah ASI pada bulan Agustus nanti.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IDN Pictures dan gairah industri film Indonesia

IDN Pictures dan gairah industri film Indonesia Siapa yang suka nonton di bioskop? Gua adalah salah satu orang yang sangat menyukai nonton f...